Mengenai Saya

Foto saya
Pare-Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Selasa, 10 Mei 2011

Niat

Assalamualaikum mas bro, mbak sis.
sebelum kita mulai topik kita hari ini, mari kita baca basmalah bersama, bismillahirrohmanirrohim (nah gitu donk dibaca lengkap, hehhehe).
Today, I will talk about... udah ah pake bahasa Indonesia aja biar ga ribet. Hari ini yang topik yang akan dibahas sebenarnya tentang kebingunganku tentang hal-hal yang bersifat abstrak yang menjadi pembenaran kita atas hal yang kita lakukan ataupun tidak kita lakukan. Bingung ya? kepanjangan? gini deh lebih jelasnya kalo kita melakukan sesuatu atau mengambil keputusan kan ada hal yang mendasari kita. Dan hal tersebut biasanya bersifat subyektif, ngerti sendiri kan klo hal yang sifatnya subyektif kan susah diukur kebenarannya. Klo hal tersebut berdampak positif sih ga masalah, tapi klo berdampak negatif itu yang berabe. Tambah bingung nie? yaudah to the point aja deh ga usah muter-muter kaya angkot nyari setoran. Sebenernya maksudku adalah tentang niat, ato lebih tepatnya niat yang terkontaminasi atau niat yang salah.
cerita1:
Suatu hari saat kuliah, jadwal kuliah padat banget. Ditengah kuliah yang berat kantuk pun datang, bawaannya pengen pulang mulu buat nurutin sleep urge.Namun kenyataan sungguh pahit karena ternyata masih ada 2 ato 3 dosen lagi (T_T) bwat ngatasin ngantuk sempet kepikiran minum kopi yang otomatis bakalan batal puasa, dan mengingat fakta klo semalemnya ga makan malem, maka besar kemungkinan gastritis(maag)ku akan kumat membabi buta (maksudnya bakalan sakit banget). Tapi disaat itulah konflik muncul, entah kenapa aq masih pengen puasa nah lo jadi bingung kan? saat itulah aq nanya ke temenku bwat minta pertimbangan (dan kayanya aq nanya ke orang yang salah)dan ternyata temenku malah ngejawab: udah batalin aja soalnya kamu dah kepikiran bwat batalin puasa, percuma juga diterusin. Hah? spontan kaget banget kenapa temenku bisa ngomong kaya gitu, aq pikir dia klo nyuruh bwat ngebatalin alasannya adalah klo aq puasa entr malah maag kumat trus ngantuk malah ketiduran di kelas. klo alasan barusan sih aq masih bisa nerima soalnya ada pertimbangan banyak baik ato buruknya, tapi klo niat yang jadi alasan malah menurutku bnr2 ga masuk akal. Sebelum dibahas lebih lanjut nie ada cerita lagi.
Cerita2:
aq sms temenku iseng2 nanya klo seseorang bertaubat tapi alasan awalnya bukan karena Lillahitaala tapi karena awalnya kecewa pelarian dari kondisi lingkungannya, apakah taubatnya itu bakalan diterima? dan temenkupun (orang yang laen) menjawab: engga diterima, soalnya niatnya bukan Lillahitaala. Oke deh ga perlu dilanjutin ceritanya.
Jadi intinya dari kedua cerita diatas adalah niat yang terkontaminasi atau niat yang kurang "lurus" seakan menjadi alasan untuk menghambat ibadah kita. Untuk cerita yang pertama balik lagi soal pertimbangan baik dan buruk, OK lah aq emang ga ahli dibidang fiqih, tapi aq penah denger 1 kaidah fiqih yang klo ga salah bunyinya dalam mengambil suatu keputusan harap dipertimbangkan yang lebih banyak antara kebaikan atau kemudharatannya. Klo hal tersebut banyak kebaikannya maka lebih baik dilaksanakan tapi jika hal tersebut banyak mudharatnya lebih baik ditinggalkan.
Dicerita yang pertama aq emang batalin puasa soalnya setelah dipertimbangkan klo aq lanjutin puasa kemungkinan aq bakalan ngantuk trus gastritisq bakalan kumat dan rasanya dah pasti sakit banget!. Karena 2 pertimbangan itu makanya aq batalin puasa (makan nasi ama minum kopi) dan ternyata alhamdulillah aq ga ngantuk pas kuliah selanjutnya trus yang penting lambungku aman tentram damai sentosa. dan ternyata ga ada angin ga ada hujan temenku ttp ngeyel ngerasa bener klo seumpama ttp puasa ga bakalan dapet apa2, Nah lo? ga bete tuh ceritanya???
kita, sebagai seorang manusia yang beribadah kepada Rabbnya, tidak ada yang tau apakah ibadah kita diterima atau ditolak oleh-Nya. Dan sepertinya kalo ada seseorang yang melakukan hal yang niatnya bukan Lillahitaala kayanya bakalan madesu coz amal perbuatannya ga bakalan diterima, apa ga ada kesempatan bwat ngerubah niat? Padahal Niat Lillahitaala itu sangat susah. Disadari atau tidak sebenarnya banyak hal-hal yang kita lakukan tidak hanya berniat Lillahitaala dalam hal ini ada kontaminasi niat dengan niat lain yang bersifat keduniaan, dan wajar aja donk, manusiawi gitu loh. Memang segala sesuatu dinilai dari niatnya, tapi jika awal niatnya kurang "lurus" apakah sia-sia amal perbuatannya? trus kalau da seseorang yang bertaubat awalnya bukan niat Lillahitaala dan kemudian ditengah jalan menyadari kalau niatnya salah, apakah taubatnya ga diterima? trus apa orang tersebut harus maksiat lagi sampai bnr2 punya niat bertaubat karena Allah? ya kalau masih dikasih umur? kalo engga, maksiat terus2an dunk. Bukankah lebih bijak kalo seumpama orang tersebut melanjutkan ibadahnya sambil memperbaharui niatnya, meluruskan niatnya dan buat masalah apa ibadahnya akan diterima atau tidak oleh Allah, itu kan sudah terlepas dari kuasa kita. Hal tersebut adalah hak mutlak Allah untuk menerima atau pun menolak ibadah kita, sebagai seorang manusia kita hanya berhak untuk beribadah, berdoa dan berharap semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. selebihnya adalah urusan Allah

Jadi, intinya daripada kita mempermaslahkan niat kita bukankah lebih baik kalo kita memperbaharui niat kita, jadi masihkah ibadah kita terhalang cuma karena masalah niat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar