Mengenai Saya

Foto saya
Pare-Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Rabu, 13 April 2011

Ganglia berhubungan dengan nervus cranial

Sebenarnya ini tugas kelompok reading textbook dari dosen neurologi. Tugas reading textbook? mungkin yg lagi baca rada bingung, kenapa ngebaca textbook aja harus jadi tugas, ya kan? Ta pi di posting kali ini ga bakalan diceritain kenapa da tugas reading textbook. Kapan-kapan deh rek klo aq lagi niat banyak nulis bakalan q kasih tau.

Ini posting ke-2 dari tugas reading textbook. Posting yg pertama dari tugas ini judulnya Dysarthria. Padahal sebenarnya ini tugas reading yg pertama dan udah didiskusiin, tapi klo Dysarthria belum didiskusiin. Berhubung aq juga masih belum ngeh ama neurologi, bagi pembaca blogger yg lebih ngerti bisa kasih masukan.
Ok deh ga usah panjang lebar, langsung aja dibahas:
Dua tipe ganglia berhubungan dengan nervus kranialis, tipe pertama berisi selbodi afferent (Somatik atau visceral) akson dalam nervus kranialis. ( Ganglia tersebut adalah suatu analog-analog dari ganglia dorsal yang terdiri dari sel-sel bodi akson-akson sensorik dalam nervus perifer). Tipe kedua terdiri atas terminal sinaptik dari akson-akson efferent, bersama dengan neuron post sinaptik (Parasimpatik) yang diproyeksi diperifer.
Ganglia sensori dalam nervus kranialis termasuk dalam ganglion semilunar/gassrian (nervus V), ganglion geniculate (nervus VII) ganglia cochlear dan vestibular (nervus VIII), ganglia glosofaringeus superior dan inferior (nervus IX), ganglia vagal superior (nervus X) dan ganglia vagal inferior (nervus X).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar