Mengenai Saya

Foto saya
Pare-Kediri, Jawa Timur, Indonesia

Jumat, 15 April 2011

The Meaning of: Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun

Ini bukanlah tulisan orang yang profesional dibidang Aqidah, Fiqih, Syariah, Tarbiyah ataupun bidang agama Islam lainnya, tapi ini adalah hanya tulisan seorang unyo yang ingin sedikit memberi kontribusi kepada saudara seimannya untuk sekedar mengingatkan, walaupun penulis sendiri memang masih awam dalam pengetahuan agamanya (ga popo to? Kan kata Nabi : sampaikanlah walau hanya satu ayat, klo seumpama ada salah, dielingne ae, monggo)
Skenario 1:
Ada sebuah cerita (hikayat Mamat & Najib) yang mungkin udah jadi hal yang biasa qta denger sehari-hari (nama tokoh, peristiwa, setting dan sembarang kalirnya cuma rekayasa. Kalo seumpama ada kemiripan ato ngerasa tersinggung karena cerita ini, please deh sorry ya, ga usah GR namanya jg rekayasa hahhahaha….)
Najib : Man nyapo kq mrengut ae? Mbok yo rodo sumringah, isuk2 mrengut rejekimu mabur lho ( Man kenapa sih cemberut? Senyum-senyum dikit gitu, pagi2 cemberut rejekimu kabur lho)
Maman : aku lagi bludrek nyo, bapakku ket wingi panas terus moncer ae (Aq lagi bludrek man, bapakku dari kemarin panas trus diare aja)
Najib : Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun! (Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun!)
Maman : METEMU MAT!!! Kon ndongane bapakku mati? Keat ko iku (METEMU MAT!!!km doain bapakku meninggal? Keat (dibali yah! Hehhehe) kamu tuh)
Najib : lho man ngapuntene, ora ngunu maksudq, ngene lho man…………..( lho maaf man, bukan gitu maksudq, gini lho man…………………)
Mungkin perbincangan seperti itu sudah sering kita dengar, atau malah kita sendiri yang mengalami. Dari cuplikan skenario diatas, apa yang harus dipikirkan? Keyword : diare, febris; klarifikasi istlilah:-, rumusan masalah: 1,2,3,…. Kerangka konsep blablabla, diagnosa: ni diare tipe apa??? Heeeee stop stop stop ini bukan tutorial!!! Kebanyakan tutorial kan jadinya kaya gini,,, hadee…h! tutorial sesuai jadwal yaaa………..
Maksud aq yang jadi titik pembicaraan ini kan si Najib yang ngucapin Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun, eh malah dimarahin sama si Maman. Menurut kalian apa sih makna dari Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun? Apa kalian masih berpikir kalo Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun bermakna doa kepada orang meninggal supaya ahlil kubur diterima disisi-Nya? Waduh kayanya ini dah jadi salah kaprah deh. Salah kaprah banget sebangsa ama salah kaprahnya menek klopo ( Klopo kq dipenek’I yo nglundung mas), ngulek sambel (wes dadi sambel jek diulek ae, kapan mangane? Selak lue iki) ngodok wedang (wedang kq digodok ae kapan diombe?wes ngelak iki!).
Memang ga salah klo si Najib marah2 ama si mamat (ampe bilang metemu ama keat) sapa sih yang ga marah, bokap lagi sakit, kitanya lagi stress, eh sohib malah bilang yang menurut kita doa bwat orang meninggal, yah kita tau kalau kalo smw orang bakalan meninggal, tapi ya ga segitunya juga. Nah si Mamat nie yang malah dimarahin emang si Mamat tuh beneran kurang ajar? Kalo menurut aq si mamat tuh ga kurang ajar, si mamat kurang ajar kalo malah bilang ya udah nyo tenang bwat bokap lu gw traktir kain kafan deh, nah ini baru si Najib bisa dimaklumi klo marah-marah ama si maman.
Kalo kita lihat dari asal-usulnya kalimat ini berasal dari Al-Qur’an yang isinya: “Dan sungguh akan kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan Kami berikan berita gembira kepada orang-orang yang sabar.Orang-orang yang apabila ditimpa musibah mereka mengucapkan ‘Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun’” (Q.s. Al-Baqarah [2]: 155-156)
Kalimat Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun sebenarnya adalah sebuah doa yang bernama doa istirja' yang bunyi lengkapnya adalah : “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Allaahumma’jurni fii mushiibatii wakhluflii khairan minhaa ” yang artinya Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya kami akan kembali. Ya Allah, berilah pahala kepadaku dan gantilah aku dengan yang lebih baik (dari musibah ini).” (HR Muslim). Doa ini dibaca ketika kita ditimpa atau mendengar suatu musibah, supaya kita yang sedang mendapat musibah diberi pahala dan pengganti yang baik dari musibah tersebut. Sesuai dengan hadist Nabi kita Muhammad SAW. yang berbunyi: Seseorang yang tertimpa musibah lalu ia berkata: inna lillahi wa inna ilaihi raji’un dan berdoa: Allahuma jurnii fi musibatii wakhluf liya khairan minhaa (Ya Allah berilah aku pahala dalam musibah ini dan gantikanlah untukku dengan yang lebih baik daripadanya). Niscaya Allah akan memberinya pahala karena musibah itu dan menggantikan untuknya dengan yang lebih baik" (HR Muslim).
Dari ayat tersebut bisebutkan bahwa ucapan Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun adalah ucapan yang diucapkan tatkala kita mendapat musibah, musibahnya apa aja? Nah kan udah dikasih tau segala musibah kita seperti ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan.
Kenapa tadi aq bilang salah kaprah? Salah kaprah tuh udah salah tapi yang salah semua orang, makanya dianggap udah maklum (kaprah) makanya salah kaprah, kaya contoh yang udah dikasih diatas. Trus salahnya dimana? Orang meninggal kan juga musibah? Iya orang meninggal tuh musibah, tapi yang salah, ya memaknai ucapan Inna lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun hanya sebagai ucapan turut berbela sungkawa itu yang salah, padahal maknanya kan luas banget getoh!!!.
Nah sekarang udah tau kan tentang doa istirja’, masih mw nyangkal lagi klo doa istirja tuh doa berbela sungkawa? Udah jadi istilah umum sih? Gitu alasannya? Emang kalo banyak orang yg ngelakuin itu udah tentu bener? Trus kalo orang2 pada masuk jurang juga dibilang bener? Engga kan? Makanya ayo mulai dari kita merubah kebiasaan yang salah kaprah, salah kq diterusin, mulai dari kita sendiri lama-lama orang2 dilingkungan kita ngikutin bis tu semua orang deh,, hehehehe
Setiap orang pasti akan mengalami kesulitan ataupun musibah dalam hidupnya, setiap manusia mempunyai pilihan dalam menghadapi masalah-masalahnya, mereka bisa menghadapi ataupun lari dari masalah tersebut, fight or fligt, simpatis atau parasimpatis, kolinergik atau andrenergik (heee nglantur ni bukan kuliah Sistem Saraf Otonom). Dengan mengucapkan doa istirja’ maka secara tidak langsung menandakan kita bersabar untuk menghadapi masalah tersebut. Walaupun betapa hancurnya hati kita, betapa down nya mental kita, maka ucapkanlah Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, sekalian saja kita berdoa ecara lengkap Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Allaahumma’jurni fii mushiibatii wakhluflii khairan minhaa, maka saat itu pula kita bersabar dan berdoa kepada Allah SWT untuk mengganti kesabaran atas musibah yang kita alami dengan kebaikan. Lagian apa sih susahnya baca doa istirja’? daripada tiap kali kita dapet musibah malah bilang yang jorok-jorok trum mengumpat pake omongan kotor. Please deh berasa banget jadi orang yang siap masuk surge ampe dengan sombongnya nambah dosa, Dasar!!!!
Penutup: dari segala uraian ini dapat diambil kesimpulah bahwa ucapan Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun, bukanlah ucapan untuk berbela sungkawa. Ucapan ini adalah sebuah doa yang dikenal dengan doa istirja’. Doa ini diucapkan saat kita mendapat musibah salah satunya adalah kabar meninggal dunia, tapi doa ini bisa kita ucapkan tatkala kita mendapat musibah atau mendengar adanya suatu musibah.mari kita budayakan membaca doa istirja’!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ^_^V
nb: kalau masih ada sesuatu yang kurang atau salah silahkan untuk memberi saran dan kritikan ^_^!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar